Kamis, 20 Juni 2013


NASI GORENG HIJAU
Nasi goreng selalu identik dengan warna merah yang berasal dari saosnya, di daerah saya terdapat hal yang berbeda mengenai kuliner ini. Pak suhadi merupakan contoh pengusaha kuliner yang sukses daerah kami. Keuletan, kesabaran, bekerja keras dan pintar membaca peluang merupakan faktor –faktor untuk meraih kesuksesan dalam berwirausaha.
Dia membuat produk yang berbeda dengan yang lainnya. Dia menciptakan sesuatu yang penuh inovatif sehingga banyak orang yang penasaran untuk mencobanya. Dia membuat produk bernama nasi goreng hijau, yang menggunakan konsep natural atau go green.
 Sehingga selain berwirausaha dia mengajak agar kita mencintai dan menjaga lingkungan. Warna hijau bukan berasal dari pewarna kimiawi yang dapat merusak kesehatan, melainkan berasal dari bumbu-bumbu alami seperti cabe hijau sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.
Selain itu konsep tempat mempengaruhi banyaknya konsumen yang datang, tempat yang di pakai untuk berjualan memiliki daya yang unik seperti memakai cat berwarna hijau yang memiliki kesamaan dengan produk yang di jual. Dan juga lokasi penjualan yang berada di keramaian atau pusat kota.
Di bawah ini beberapa keunggulan yang di tampilkan oleh pengusaha yang berada di daerah saya :
1.      Produk : Nasi goreng hijau yang menggunakan semua unsur – unsur hijau yang alami dan juga memiliki inovasi yang berbeda dengan penjual nasi goreng lainnya. Mereka menggunakan beras dengan standar biasa namun , cara memasak nasi yang di masak tidak begitu lembek agar nasi yang akan di goreng tidak lengket. Selain itu menggunakan bumbu- bumbu yang memiliki kualitas yang baik, serta menggunakan juru masak yang memiliki teknik memasak yang berpengalaman. Sehingga menghasilkan kualitas rasa yang luar biasa.
2.      Tempat : Tempat berjualan di buat dengan sangat menarik, dengan membuat semua ruangan bernuansa hijau. Tempat di buat begitu rapi, bersih dan mengutamakan konsep tradisional yaitu dengan menggunakan atap yang berasal dari daun alang –alang.
3.      Lokasi : Di depan alun-alun kota, yang memiliki peluang besar konsumen untuk membeli produk. Sebab orang yang lalu lalang sangat banyak. Sehingga memunculkan peluang yang besar masyarakat untuk membeli produk.
4.      Pelayanan : Memberikan pelayanan yang sangat ramah, baik dan sopan sehingga para konsumen merasa nyaman saat membeli produk dan mempunyai keinginan untuk membeli kembali.
5.      Waktu : Waktu berjualan mulai sore hari sampai malam, sebab waktu seperti itu sangat cocok untuk orang membeli nasi goreng.
6.      Konsumen : Semua orang bisa membelinya mulai dari anak- anak sampai orang tua.
7.      Promosi : Di pakai papan spanduk yang besar dengan gambar makanan yng menggugah selera, serta mengutamakan harga yang murah. Sehingga bisa di beli oleh semua lapisan masyarakat.
Sehingga nasi goreng hijau yang di buat Pak Suhadi sangat laris manis . serta dalam beberapa waktu ke depan bisa mengembangkan usahanya, dengan membuka cabang- cabang baru di daerah lainnya. Hal tersebut bisa di jadikan contoh untuk kita untuk memulai berwirausaha.












TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
POTENSI USAHA DI DAERAH ASAL




                                   
Politeknik Negeri Jember
Jurusan Peternakan
Program Studi Produksi Ternak

Oleh
ach.firman ardiansyah
C31121127



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
POLITEKNIK NEGERI JEMBER
2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar