NASI GORENG HIJAU
Nasi
goreng selalu identik dengan warna merah yang berasal dari saosnya, di daerah
saya terdapat hal yang berbeda mengenai kuliner ini. Pak suhadi merupakan
contoh pengusaha kuliner yang sukses daerah kami. Keuletan, kesabaran, bekerja keras
dan pintar membaca peluang merupakan faktor –faktor untuk meraih kesuksesan
dalam berwirausaha.
Dia
membuat produk yang berbeda dengan yang lainnya. Dia menciptakan sesuatu yang
penuh inovatif sehingga banyak orang yang penasaran untuk mencobanya. Dia
membuat produk bernama nasi goreng hijau, yang menggunakan konsep natural atau
go green.
Sehingga selain berwirausaha dia mengajak agar
kita mencintai dan menjaga lingkungan. Warna hijau bukan berasal dari pewarna
kimiawi yang dapat merusak kesehatan, melainkan berasal dari bumbu-bumbu alami
seperti cabe hijau sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.
Selain
itu konsep tempat mempengaruhi banyaknya konsumen yang datang, tempat yang di
pakai untuk berjualan memiliki daya yang unik seperti memakai cat berwarna
hijau yang memiliki kesamaan dengan produk yang di jual. Dan juga lokasi
penjualan yang berada di keramaian atau pusat kota.
Di
bawah ini beberapa keunggulan yang di tampilkan oleh pengusaha yang berada di
daerah saya :
1.
Produk
: Nasi goreng hijau yang menggunakan semua unsur – unsur hijau yang alami dan
juga memiliki inovasi yang berbeda dengan penjual nasi goreng lainnya. Mereka
menggunakan beras dengan standar biasa namun , cara memasak nasi yang di masak
tidak begitu lembek agar nasi yang akan di goreng tidak lengket. Selain itu
menggunakan bumbu- bumbu yang memiliki kualitas yang baik, serta menggunakan
juru masak yang memiliki teknik memasak yang berpengalaman. Sehingga
menghasilkan kualitas rasa yang luar biasa.
2.
Tempat
: Tempat berjualan di buat dengan sangat menarik, dengan membuat semua ruangan
bernuansa hijau. Tempat di buat begitu rapi, bersih dan mengutamakan konsep
tradisional yaitu dengan menggunakan atap yang berasal dari daun alang –alang.
3.
Lokasi
: Di depan alun-alun kota, yang memiliki peluang besar konsumen untuk membeli
produk. Sebab orang yang lalu lalang sangat banyak. Sehingga memunculkan
peluang yang besar masyarakat untuk membeli produk.
4.
Pelayanan
: Memberikan pelayanan yang sangat ramah, baik dan sopan sehingga para konsumen
merasa nyaman saat membeli produk dan mempunyai keinginan untuk membeli
kembali.
5.
Waktu
: Waktu berjualan mulai sore hari sampai malam, sebab waktu seperti itu sangat
cocok untuk orang membeli nasi goreng.
6.
Konsumen
: Semua orang bisa membelinya mulai dari anak- anak sampai orang tua.
7.
Promosi
: Di pakai papan spanduk yang besar dengan gambar makanan yng menggugah selera,
serta mengutamakan harga yang murah. Sehingga bisa di beli oleh semua lapisan
masyarakat.
Sehingga nasi goreng
hijau yang di buat Pak Suhadi sangat laris manis . serta dalam beberapa waktu
ke depan bisa mengembangkan usahanya, dengan membuka cabang- cabang baru di
daerah lainnya. Hal tersebut bisa di jadikan contoh untuk kita untuk memulai
berwirausaha.
TUGAS MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN
“POTENSI USAHA DI DAERAH
ASAL”
Jurusan Peternakan
Program Studi Produksi Ternak
Oleh
ach.firman ardiansyah
C31121127
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
POLITEKNIK NEGERI JEMBER
2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar